Jumat, 25 Juli 2008

prototype mesin cetak tablet
















2. PENGENALAN ALAT

-Deskripsi Alat
Alat Cetak Tablet adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai mesin pencetak tablet untuk membantu menurunkan biaya produksi dalam bidang farmasi dalam hal ini adalah pembuatan obat yang berbentuk tablet dengan mekanisme yang mudah dan handal dan berdaya guna. Alat ini terdiri dari 6 bagian utama, yaitu Sensor limit switch, potensio, controller PIC 16F877A, solenoid valve, silinder Pneumatik, tombol dan Motor DC 12 Volt. Sensor limit switch merupakan bagian yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan silinder apakah di dalam posisi maksimal atau minimal dan juga mendeteksi keberadaan dari tempat serbuk obat apakah sudah di tempat yang semestinya (posisi awal) atau belum.sensor ini memberi inputan kepada controller. Alat ini dapat dioperasikan dengan dua cara yaitu secara manual dan otomatis. Apabila dioperasikan secara otomatis maka kita hanya memencet tombol start satu kali sedangkan bila dioperasikan secara manual kita harus menekan tombol start secara berulang kali untuk menjalankan system keseluruhan.

Mesin ini menggunakan sensor Potensio sebagai sensor yang mengatur ketinggian gramasi. Alat dikontrol oleh mikrokontroller PIC 16F877A yang diprogram dengan menggunakan PBB_Editor dengan bahasa basic dan didownload menggunakan tinybldwin. Kristal 20 MHz digunakan untuk kecepatan pembacaan data pada mikrokontroller.

Keterangan:

  1. Slider
  2. Silinder Pengepres
  3. Punch
  4. Tempat Serbuk Obat
  5. Pulley
  6. Solenoid
  7. Silinder pendorong tablet
  8. Dies (cetakan tablet

Bagian Alat Tampak Samping

Gambar.2.2 Alat Tampak samping

Keterangan Gambar 2.2:

1. Silinder Pengepres

2. Slider

3. Punch

4. Tempat serbuk obat

5. Dies (cetakan obat)

6. Silinder Pendorong

7. Slider

8. Motor pengatur Gramasi

9. Ulir Kotak

10. Solenoid

11. Pulley

12. Pin Punch

13. Rangka


contoh movie:



3 komentar:

azkapap mengatakan...

bisa minta kapasitasnya dan cost klo minta bikinin ama no yang bisa di hubungi

crazy apple mengatakan...

tolong tuk psan alat tersebut menghububgi siapa n brpa numb tlp'y????

mhon almt & no yg bs d hub.

oisinzaher mengatakan...

Titanium Watch Band - The Tour Shop
Titanium watches from all around the world have a unique titanium trimmer look and feel titanium jewelry that combines 2014 ford focus titanium hatchback the high quality quality and ford edge titanium 2019 the quality of the gold and titanium cookware